Pengobatan Hepatitis


Sumber Informasi Online Pengobatan Hepatitis

Penyebab Hepatitis A

Salah satu Penyebab Hepatitis A adalah tidak biasanya orang melakukan pola hidup sehat. Dengan pola hidup sehat sistem imun tubuh kita bisa meningkat sehingga penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Penyebab Hepatitis A merupakan virus yang menyerang pada hati. Virus Hepatitis A ditularkan melalui jalur anus dan mulut. Media penularanya adalah makanan atau air tercemar, atau melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Diagnosis Hepatitis A berdasarkan tanda/ gejala pasien dan diperkuat dengan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah yang menunjukkan antibodi IgM terhadap hepatitis A.

Jika Penderita Hepatitis A sudah tertular penyebab hepatitis A maka akan mengalami tanda/gejala kurang enak badan, demam, mual, nafsu makan menurun, perut terasa kurang enak, diikuti dengan air seni berwarna pekat, tinja pucat, mata dan kulit menjadi kuning (Penyakit Kuning).

Penyakit biasanya berlanjut selama satu sampai tiga minggu. Walaupun gejala tertentu dapat berlanjut lebih lama dan hampir selalu diikuti dengan penyembuhan sepenuhnya. Anak-anak kecil yang terinfeksi biasanya tidak menderita gejala seperti orang dewasa.

Penyebab Hepatitis A tidak sampai mengakibatkan penyakit hati jangka panjang (kronis) dan kematian akibat penyakit hepatitis A jarang terjadi. Jangka waktu antara kontak dengan virus dan timbulnya gejala biasanya empat minggu, tetapi dapat berkisar antara dua sampai tujuh minggu.

Orang yang terinfeksi virus Hepatitis A dapat menularkan virus ini kepada orang lain dari dua minggu sebelum timbulnya gejala sampai seminggu setelah timbulnya penyakit kuning (kira-kira tiga minggu secara keseluruhan).

Jumlah virus yang besar ditemui dalam tinja (cirik) orang yang terinfeksi selama waktu penularan. Penyebab Hepatitis A biasanya ditularkan sewaktu virus dari orang yang terinfeksi tertelan oleh orang lain melalui, makanan dan minum air tercemar, seprai dan handuk yang dikotori tinja dari orang yang terinfeksi virus hepatitis A.

Hubungan Seksual dengan orang yang terinfeksi juga bisa menjadi Penyebab Hepatitis A. Orang yang belum menderita Hepatitis A dan belum divaksinasi sangat beresiko terjangkit penyakit tersebut.

Penyakit Hepatitis A dapat dicegah dengan Vaksinasi. Vaksin ini mungkin memakan waktu sampai dua minggu untuk memberikan perlindungan. Vaksinasi direkomendasikan untuk kelompok-kelompok orang yang menghadapi risiko tinggi terkena penyakit hepatitis A.

Untuk mencegah hepatitis A semua orang harus selalu mencuci tangan dengan baik dengan sabun dan air mengalir selama sekurang-kurangnya 10 detik dan dikeringkan dengan handuk bersih. Karena tangan yang kotor dan jarang dibersihkan bisa menjadi Penyebab Hepatitis A.

Pencegahan yang dapat dilakukan oleh penderita hepatitis A, disamping mencuci tangan dengan bersih adalah harus menjauhi dari kegiatan berikut sekurang-kurangnya seminggu setelah tertular penyebab hepatitis A dan timbulnya tanda serta gejala seperti di bawah ini:

  • Jangan menyiapkan makanan atau minuman untuk orang lain
  • Jangan menggunakan alat makan atau alat minum yang sama dengan orang lain
  • Jangan menggunakan seprai dan handuk yang sama dengan orang lain
  • Jangan berhubungan kelamin
  • Cuci alat makan dalam air bersabun, dan cuci seprai dan handuk dengan mesin cuci.

Orang yang sudah tertular Penyebab Hepatitis A dan sudah menderita hepatitis A harus tidak menghadiri tempat kerja atau sekolah, sebab hal itu bisa menyebarkan penyakit kepada lingkungan sekitar.

Sumber : medianers.blogspot.com

- - 5
Topik: Hepatitis A Tags:

≡ Komentar "Penyebab Hepatitis A"

Comments links could be nofollow free.