Pengobatan Hepatitis


Sumber Informasi Online Pengobatan Hepatitis

Penyakit Hepatitis A

Penyakit Hepatitis A merupakan penyakit yang lebih ringan bila dibandingkan dengan penyakit hepatitis B dan penyakit hepatitits C. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh tinja/kotoran dari penderita penyakit hepatitis A yang biasanya melalui makanan dan minuman.

Penyakit Hepatitis A memiliki masa inkubasi 2 sampai 6 minggu sejak penularan terjadi, barulah kemudian penderita menunjukkan beberapa tanda dan gejala terserang penyakit Hepatitis A.

Penyebab Penyakit Hepatitis A

Terinfeksi Penyakit Hepatitis A biasanya dari orang dekat atau konsumsi makanan dan minuman yang mengandung VHA (Virus Hepatitis A). Biasanya yang paling sering adalah buah-buahan dan sayuran yang masih mentah sehingga terkontaminasi penyakit Hepatitis A. Lingkungan yang tidak higienis juga sangat berpengaruh. Kelompok yang rawan terinfeksi penyakit Hepatitis A adalah pecandu narkoba, penderita kronis hati yang berkepanjangan, dan peneliti yang bekerja di laboratorium.

Konsentrasi virus dalam kotoran penderita masih tetap tinggi 2 – 3 minggu setelah gejala penyakit muncul. Sedangkan air ludah dan cairan tubuh penderita mempunyai konsentrasi rendah. Virus hepatitis A /VHA bertahan hidup 3 – 4 jam dalam ruang suhu normal. Di sini peralatan makan atau makanan yang tercemar VHA dengan sendirinya akan mudah menularkan penyakit ini. Tapi tidak menutup kemungkinan, penyakit Hepatitis A bisa juga menular melalui kontak langsung, seperti melalui ciuman atau hubungan seksual.

Gejala Penyakit Hepatitis A

Pada minggu pertama, individu yang dijangkiti akan mengalami sakit seperti kuning, keletihan, demam, hilang selera makan, muntah-muntah, pusing dan kencing yang berwarna hitam pekat. Demam yang terjadi adalah demam yang terus menerus, tidak seperti demam yang lainnya yaitu pada demam berdarah, tbc, thypus, dll.

Gejala awal infeksi penyakit hepatitis A sering menyerupai gejala influenza, tetapi beberapa penderita, terutama anak-anak, tidak menunjukkan gejala sama sekali. Gejala biasanya muncul 2 sampai 6 minggu, (periode inkubasi), sejak mulai terinfeksi. Gejala dapat kembali selama 6-9 bulan berikutnya, meliputi:

  1. Kelelahan
  2. Demam
  3. Nyeri perut
  4. Mual
  5. Diare
  6. Kehilangan nafsu makan
  7. Depresi
  8. Penyakit kuning (kulit dan putih mata menguning/kekuningan)
  9. Nyeri yang terasa menusuk di daerah kanan atas perut
  10. Kehilangan Berat badan
  11. Gatal-gatal

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Hepatitis A

Penderita yang menunjukkan gejala Penyakit Hepatitis A seperti minggu pertama munculnya yang disebut penyakit kuning, letih dan sebagainya diatas, diharapkan untuk tidak banyak beraktivitas serta segera mengunjungi fasilitas pelayan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan dari gejala yang timbul seperti paracetamol sebagai penurun demam dan pusing, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan serta obat-obatan yang mengurangi rasa mual dan muntah. Sedangkah langkah-langkah yang dapat diambil sebagai usaha pencegahan Penyakit Hepatitis A adalah dengan mencuci tangan dengan teliti, dan suntikan imunisasi dianjurkan bagi seseorang yang berada disekitar penderita.

Sumber : obatherbalplus.com

- - 5
Topik: Hepatitis A Tags: ,

≡ Komentar "Penyakit Hepatitis A"

Comments links could be nofollow free.