Pengobatan Hepatitis


Sumber Informasi Online Pengobatan Hepatitis

Pengobatan Hepatitis C

Pengobatan Hepatitis C lewat tekhnologi modern dewasa ini telah dimungkinkan dengan mengkonsumsi dua jenis obat yaitu peginterferon dan ribavirin. Dalam beberapa jam setelah mengkonsumsi keduanya, obat ini  dapat mulai menurunkan jumlah virus dalam darah Anda. Meskipun saat ini peginterferon dan ribavirin adalah pilihan pertama dunia kedokteran untuk pengobatan hepatitis C, kebanyakan orang yang mengkonsumsinya mengalami setidaknya sedikit efek samping dari terapi kombinasi kedua jenis obat ini.

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa dibutuhkan dua jenis obat dalam pengobatan hepatitis c. Jawabannya adalah, karena Peginterferon dapat bekerja dengan sendirinya untuk mengobati penyakit, tetapi ribavirin tidak bisa. Menggunakan dua obat untuk pengobatan hepatitis C bersama-sama disebut terapi kombinasi. Peginterferon dijual di bawah nama merek PEGASYS ® atau Peg-Intron ®. Ribavirin dijual di bawah nama merek COPEGUS ® atau REBETOL ®.

pengobatan hepatitis cVirus hepatitis C, atau HCV, selalu membuat salinan dari dirinya sendiri di dalam sel hati penderita hepatitis C. Sistem kekebalan tubuh anda telah bekerja keras untuk melawan virus, tapi karena virus terus berkembang biak, sistem kekebalan tubuh Anda masih sangat membutuhkan bantuan. Peginterferon dan ribavirin saat ini senjata terbaik yang dihasilkan dunia kedokteran dalam perjuangan melawan hepatitis C. Bersama-sama, kedua obat hepatitis C ini dapat membunuh HCV dan membantu membuat sistem kekebalan tubuh anda menjadi lebih kuat sehingga lebih mampu untuk menghancurkan virus. Ketika Anda melakukan pengobatan hepatitis C lewat terapi kombinasi, kedua hal ini terjadi di dalam tubuh Anda pada saat yang bersamaan.

Untuk anda ketahui, alpha interferon adalah zat yang dibuat secara alami dalam hati Anda dan bagian lain dari tubuh Anda. Ini adalah protein yang membantu sistem kekebalan tubuh Anda untuk bekerja lebih baik guna melawan infeksi, seperti hepatitis. Obat interferon yang sering diresepkan para dokter untuk pengobatan hepatitis C adalah versi sintetis dari alfa interferon. Ini berarti bahwa zat ini dibuat di laboratorium, tetapi hasilnya sama dan berfungsi untuk melakukan hal yang sama dengan protein alami. Ada dua versi interferon alfa sintesis: versi lama dan versi baru. Versi yang lebih tua adalah yang disuntikkan di bawah kulit – biasanya tiga kali seminggu. Versi yang lebih baru, yang disebut “pegylated interferon,” atau “peginterferon,” dapat bertahan di tubuh Anda lebih lama dari versi lama, sehingga Anda hanya harus menyuntikkan seminggu sekali. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemakaian obat ini untuk pengobatan hepatitis C jauh lebih efektif daripada versi lama.

Dalam terapi kombinasi pengobatan hepatitis C, seperti yang sudah kita bahas diatas, selain interferon, ribavirin adalah obat yang diresepkan untuk para penderita hepatitis C. Ribavirin adalah pil yang harus anda minum di pagi dan di malam hari setiap harinya selama anda mengikuti terapi kombinasi pengobatan hepatitis C. Obat ini dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anda, yang merupakan pertahanan alami tubuh melawan infeksi. Dengan sistem kekebalan yang lebih kuat, tubuh Anda dapat lebih efektif dalam menyingkirkan virus hepatitis C. Akan tetapi, karena ribavirin tidak mengobati hepatitis C dengan sendirinya, obat ini harus digunakan dengan alpha interferon atau peginterferon. Bersama-sama, kedua obat ini dapat memperlambat tingkat di mana virus hepatitis C terus memperbanyak diri dalam tubuh anda.gambar pengobatan hepatitis c

Kesimpulan akhirnya, Hepatitis C adalah salah satu jenis hepatitis – penyakit hati – yang disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Biasanya menyebar melalui kontak darah dengan yang terinfeksi. Hal ini juga dapat menyebar melalui hubungan seks dengan orang yang terinfeksi dan dari ibu ke bayi saat melahirkan. Kebanyakan orang yang terinfeksi hepatitis C tidak memiliki gejala apapun selama bertahun-tahun. Sebuah tes darah dapat segera mengetahui apakah anda terkena penyakit hepatitis C. Biasanya, hepatitis C tidak membaik dengan sendirinya. Infeksi dapat berlangsung seumur hidup dan dapat menyebabkan parut pada hati atau kanker hati. Obat-obatan kadang-kadang membantu, tetapi efek samping dapat menjadi masalah yang serius. Pada kasus-kasus serius, penderitanya mungkin memerlukan transplantasi hati. Dan sayangnya, sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk HCV. Akan tetapi pengobatan hepatitis C juga bukan suatu hal yang mustahil. Baik pengobatan medis modern maupun alternatif terus berkembang dan memberikan kabar baik akan pengobatan hepatitis C. Jadi sangat penting bagi kita untuk tetap optimis. Bagaimanapun, mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Hidup sehat, perhatikan makanan anda, dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan anda tertular virus HPC, adalah cara yang paling bijak untuk tidak sampai ke tahapan pengobatan hepatitis C.

- - 5
Topik: Pengobatan Hepatitis Tags: Tidak tersedia

3 Komentar to “Pengobatan Hepatitis C”

  1. ugih andi sugiharto Berkata:

    kepada yth
    Pengelolah situs

    1. Berapa lama masa pengobatannya
    2. Berapa % bisa sembuh
    3. Berapa besar % penularan HCV terhadap orang terdekat
    4. Obat tradisonal temulawak, kunyit dan jahe apa membantu proses penyembuhan ??
    5. Selain itu obat tradisonal apa saja yang di sarankan ??
    saya selama ini min setahun 2 kali mendonor, pada februari 2011 dan juni 2011, saat juni itulah di kirimkan surat bahwasannya darah saya HVC reaktif padahal pada mei saat general cek up hcv negatif.

  2. N. Basuki Berkata:

    Kata Dokter Di RSPAD Gatot Subroto saya terkena Hepatitic C
    Saya pernah dirawat selama 11 hari, memang agak mendingan dibanding sebelum dirawat.
    Perut saya sebelum dirawat membesar dan terasa nyeri,
    Kaki bengkak setelah dirawat dan diberi obat untuk dapat sering kencing pembengkakan mulai menghilang, tapi setelah dirawat 11 hari kesimpulan dokter harus melakukan pemeriksaan Interveron yang ktanya mahal maka sambil menunggu persetujuan pihak manajemen RUMKIT saya dipulangkan, dan harus istirahat total.
    Sekarang saya telah bekerja kembali tapi yang saya raakan setiap hari terasa meriang dan terasa dingin.
    Untuk itu mohon bantuannya kiranya apakah obat-obatan yang disebutkan di artikel tersebut benar-benar dapat mengatasi penyakit saya yaitu Hepatitis C dan mohon berapa harganya dan bisa dibeli di mana.
    Demikian atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih

    Kami Penderita
    Hepatitis C

  3. Binsar Berkata:

    Pertama saya diberitahu oleh PMI Bandung, karena saya sudah 2 x melakukan donor darah di bandung. Puji Tuhan saya dapat pemberitahuan awal bahwa darah saya mengidap virus HCV, saya langsung ke dr internis dan melakukan tes lab, dan hasilnya memang positif.
    Saya langsung shock, karena saya merasa bahwa saya sudah hidup sehat, saya tidak merokok, tidak bertato, tidak melakukan hubungan seks bebas atau pun berganti-ganti pasangan, tapi ternyata masih kena, setelah saya ingat-ingat di bulan Mei atau Juni 2011 saya pernah memotong rambut saya di sebuah salon, dan pada saat itu ada bagian dekat telinga saya yang terluka, menurut dokter yang saya datangi hal tersebut bisa juga menjadi media untuk penyebaran virus HCV.
    Dokter tersebut juga menyarankan saya melakukan 1 tes lagi untuk mengetahui type dan quantity virusnya yg biayanya antara 4-6,25 jt, dan setelah itu baru dilakukan pengobatan dengan menggunakan suntikan berbahan peginterferon, yang disesuaikan dengan jenis virusnya, jika virus HCV nya berjenis A, sekali suntik @ Rp 2 jutaan dan jika virusnya berjenis B sekali suntik @ 1,4 jutaan, dalam 1 bulan 4 x suntik dan dilakukan selama 6 bulan berturut-turut, meskipun mahal setidaknya ada harapan untuk sembuh.
    Hanya saja yang jadi pertanyaan buat diri saya, yang mungkin bisa ada yg menjawabnya, penyebaran kan melalui sentuhan darah, nah apakah jika di gigit nyamuk, lalu nyamuknya menggigit orang lain apakah bisa menular? apakah anak saya boleh makan dari piring atau peralatan makan lain yang sama dengan saya?
    Senang rasanya jika ada yang bisa bantu saya…

≡ Komentar "Pengobatan Hepatitis C"

Comments links could be nofollow free.