Pengobatan Hepatitis


Sumber Informasi Online Pengobatan Hepatitis

Pencegahan Penyakit Hepatitis

Pencegahan penyakit hepatitis sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit apalagi mustahil. Meskipun kita mungkin tidak bisa selalu melindungi tubuh kita dari serangan berbagai macam kuman penyakit, sesungguhnya beberapa tipe hepatitis sudah dapat kita hindari sedari awal. Vaksin untuk hepatitis A dan hepatitis B telah terbukti sangat efektif dalam pencegahan penyakit hepatitis. Vaksin ini relatif mudah didapatkan, terutama di kota-kota besar di negeri kita. Sedangkan cara terbaik dalam pencegahan penyakit hepatitis C adalah dengan menghidari kontak dengan darah orang yang terinfeksi.

gambar pencegahan penyakit hepatitisSebagian besar dari lima virus hepatitis dapat menyebar melalui kontak seksual. Namun, ada perbedaan yang signifikan dalam cara mereka menyebar dan risiko tertular selama kontak seksual. Berikut adalah penjelasan singkat tentang risiko Anda terkena hepatitis melalui kontak seksual untuk setiap virus.

Diperkirakan bahwa sekitar 20 persen dari infeksi baru hepatitis A infeksi menyebar melalui beberapa bentuk kontak seksual. Virus hepatitis A dapat menyebar dari kotoran (tinja) orang yang terinfeksi virus hepatitis A. Melakukan hubungan oral-anal seks dengan seseorang yang terinfeksi hepatitis A dapat menyebabkan Anda terkena virus. Meskipun pada dasarnya setiap orang bisa tertular hepatitis A (yang belum kebal karena vaksinasi atau infeksi sebelumnya) laki-laki yang berhubungan seks dengan pria lain dan orang-orang yang memiliki kontak oral-anal seksual umumnya lebih berisiko untuk terkena virus hepatitis A. Oleh karenanya, berhati-hatilah dan bertanggung jawablah dalam melakukan hubungan seksual. Hubungan seksual yang sehat, bersih dan bertanggung jawab, merupakan faktor yang sangat penting dalam pencegahan penyakit hepatitis A.

Hubungan seksual dengan penetrasi merupakan cara yang paling berperan dalam penyebaran hepatitis B. Hampir dua dari setiap tiga kasus akut di Amerika Serikat disebabkan oleh paparan seksual. Itu terjadi karena virus hepatitis B berada di beberapa cairan tubuh, termasuk sperma, cairan vagina, dan tentu saja, darah. Menggunakan kondom kerika berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi hepatitis B, adalah hal utama dalam pencegahan penyakit hepatitis B.

Sedangkan untuk pencegahan penyakit Hepatitis C, seperti juga hepatitis B, anda bisa tertular akibat hubungan seksual. Akan tetapi, risiko untuk terinfeksi hepatitis C, umumnya meningkat apabila anda berhubungan seks dengan lebih dari satu orang, memiliki STD (penyakit menular seksual), terbiasa melakukan hubungan seks yang kasar, atau terkena HIV. Setia pada pasangan dan berhati-hati akan penyakit menular seksual adalah kunci dari pencegahan penyakit hepatitis C.

Karena hepatitis disebabkan oleh banyak hal, sesungguhnya adalah pekerjaan yang sangat menantang untuk menulis tentang pencegahan penyakit hepatitis dalam satu artikel saja. Namun, apabila anda mengikuti beberapa strategi dasar untuk pencegahan penyakit hepatitis, dapat dipastikan itu akan menurunkan risiko anda tertular virus hepatitis.

Saat ini, vaksinasi hanya tersedia untuk pencegahan penyakit  hepatitis A dan hepatitis B. Bentuk-bentuk hepatitis disebabkan oleh infeksi virus yang dapat dicegah dengan vaksin yang aman dan terjangkau. Vaksin hepatitis telah tersedia untuk siapa saja namun sangat disarankan untuk anda yang berisiko tinggi tertular.  Sampai saat ini, vaksin untuk hepatitis C belum ditemukan sehingga pencegahan penyakit hepatitis C belum mengalami kemajuan berarti.

Immune globulin, juga dikenal sebagai IG, adalah paduan beberapa antibodi yang dimurnikan yang memberikan perlindungan instan untuk orang yang baru terkena hepatitis A atau hepatitis B virus, atau orang-orang yang berisiko tinggi tertular (misalnya, ke negara di mana tingkat infeksi yang tinggi ). Karena suntikan IG sudah terbentuk, sistem kekebalan tubuh dapat segera memulai melindungi tubuh. Ini sangat berbeda dari vaksin, karena vaksin umumnya membutuhkan waktu untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang diinginkan. IG sangat berfungsi dalam pencegahan penyakit hepatitis. Akan tetapi, terkadang IG hanya akan membantu mengurangi keparahan dan pencegahan penyakit hepatitisdurasi. IG juga dapat diberikan dalam kombinasi dengan vaksin. Ini merupakan strategi yang efektif dalam pencegahan penyakit hepatitis karena IG menawarkan perlindungan segera sampai vaksin mampu memberikan perlindungan.

Cara sederhana lain yang bisa dilakukan dalam rangka pencegahan penyakit hepatitis adalah mencuci tangan. Dalam era modern teknologi canggih, kita sering lupa bahwa satu perlindungan terbaik terhadap banyak penyakit adalah mencuci tangan secara teratur dan tepat. Risiko infeksi hepatitis A dapat diturunkan dengan mencuci tangan karena virus hepatitis A menyebar melalui rute fekal-oral. Ini berarti bahwa virus memasuki tubuh melalui mulut seseorang melalui tangan yang mungkin terkontak dengan tinja orang yang terinfeksi. Oleh karenanya, mencuci tangan secara teratur adalah salah satu hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk pencegahan penyakit hepatitis.

Intinya adalah, selain terapi dengan obat-obatan tertentu dan vaksin, ada banyak cara mudah dan murah yang dapat dilakukan masayarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan penyakit hepatitis. Mencuci tangan, memakai sarung tangan ketika memegang cairan tubuh seseorang (untuk para pekerja medis), berhubungan seks dengan aman dan penuh tanggung jawab, menjaga kebersihan makanan dan minuman yang anda santap, tidak menggunakan jarum suntik yang sama lebih dari dua kali dan menghindari pemakaian bersama alat-alat pribadi seperti sikat gigi dan handuk, adalah hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan sebagai tips pencegahan penyakit hepatitis.

- - 5
Topik: Info Penyakit Hepatitis Tags: Tidak tersedia

3 Komentar to “Pencegahan Penyakit Hepatitis”

  1. admin Berkata:

    vaksinasi tersedia di mulai dari untuk bayi hingga orang dewasa. semua pihak yang berada dalam kategori beresiko tinggi tertular penyakit hepatitis, disarankan untuk segera di vaksinasi. silahkan saudara hubungi rumah sakit atau puskesmas terdekat untuk informasi lebih lanjut.

  2. fatur Berkata:

    ngape tang sikit lalu………

  3. athma Berkata:

    saya telah di diagnosa menderita hepatitis B kronis,selama ini yang saya konsumsi hanya obat oral yaitu HpPro(hepatoprotektor) dan curcuma, apakah obat ini dapat menyembuhkan penyakit saya ?

≡ Komentar "Pencegahan Penyakit Hepatitis"

Comments links could be nofollow free.