Pengobatan Hepatitis


Sumber Informasi Online Pengobatan Hepatitis

Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis

Pantangan Makanan Untuk Penderita HepatitisPenderita hepatitis, tidak bisa seenaknya memakan makanan, sebab ada beberapa pantangan makanan untuk penderita hepatitis. Hal ini dikarenakan fungsi hati dari penderita hepatitis sudah rusak. Jika tidak dijaga dari makanan tertentu, khawatir akan menambah parah penyakit hepatitis yang diderita.

Bagi penderita hepatitis, penyakit ini merupakan suatu gangguan pada hati yang disebabkan oleh virus, yang disebut sebagai virus hepatitis. Berhati-hatilah karena penyakit hepatitis mengakibatkan pengerasan hati atau kanker hati.

Hati adalah organ tubuh yang paling sentral dalam kehidupan manusia. Dikatakan paling sentral, karena hati mempunyai banyak fungsi yang sangat kompleks, antara lain untuk metabolisme hidrat arang dan lemak, menetralkan berbagai jenis racun, dan memproduksi getah empedu. Maka dari itu jagalah makanan anda untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis.

Dibawah ini beberapa pantangan makanan untuk penderita hepatitis yang harus dihindari, diantaranya adalah:

  • Semua makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging kambing dan babi, jeroan, otak, es krim, susu full cream, keju, mentega atau margarine, minyak serta makanan bersantan seperti gulai, kare, atau gudeg.
  • Makanan kaleng seperti sarden dan korned
  • Kue atau camilan berlemak, seperti kue tart, fast food.
  • Bahan makanan yang menimbulkan gas, seperti ubi, kacang merah, kool, sawi, lobak, mentimun.
  • Hindari beberapa jenis buah-buahan seperti durian, nangka, nanas dan anggur.
  • Hindari goreng-gorengan.
  • Bumbu yang merangsang, seperti cabe, bawang, merica, cuka, jahe.
  • Minuman yang mengandung alkohol dan soda.

Sedangkan bahan makanan yang baik dikonsumsi penderita hepatitis diantaranya adalah :Gambar Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis

  • Sumber hidrat arang seperti nasi, havermout, roti putih, umbi-umbian.
  • Sumber protein antara lain telur, ikan, daging, ayam, tempe, tahu, kacang hijau, sayuran dan buah-buahan yang tidak menimbulkan gas.
  • Makanan yang mengandung hidrat arang tinggi dan mudah dicerna seperti gula-gula, sari buah, selai, sirup, manisan, dan madu.

Selain menghindari pantangan makanan untuk penderita hepatitis yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya lakukan gaya hidup sehat. Seperti biasakan olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, hindari hal-hal yang membuat stress. Dengan begitu, sistem imun tubuh bisa meningkat sehingga penyakit hepatitis tidak mudah menular.

Sumber : detik.com

- - 5
Topik: Info Penyakit Hepatitis Tags: ,

≡ Komentar "Pantangan Makanan Untuk Penderita Hepatitis"

Comments links could be nofollow free.