Pengobatan Hepatitis


Sumber Informasi Online Pengobatan Hepatitis

Macam-macam Penyakit Hati

Macam-macam Penyakit HatiAda banyak macam-macam penyakit hati yang mengintai manusia. Semua jenis penyakit hati ini sangat berbahaya bahkan ada yang sampai mematikan. Kenali apa saja macam-macam penyakit hati, agar kita bisa menghindarinya.

Hati (liver) merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Di dalam hati terjadi proses-proses penting bagi kehidupan kita, yaitu proses penyimpanan energi, pembentukan protein dan asam empedu, pengaturan metabolisme kolesterol, dan penetralan racun/obat yang masuk dalam tubuh kita. Sehingga dapat kita bayangkan akibat yang akan timbul apabila terjadi kerusakan pada hati.

Bentuk perhatian pada hati dapat kita lakukan dengan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan penyakit hati. Macam-macam penyakit hati yang umum terjadi dan membutuhkan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi diantaranya adalah:

1.      Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati. Virus merupakan penyebab hepatitis yang paling sering, terutama virus hepatitis A, B, C, D dan E. Pada umumnya penderita hepatitis A & E dapat sembuh, sebaliknya hepatitis B & C dapat menjadi kronis. Virus hepatitis D hanya dapat menyerang penderita yang telah terinfeksi virus hepatitis B dan dapat memperparah keadaan penderita.

Pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk memastikan diagnosis hepatitis karena penderita hepatitis sering tidak bergejala atau gejala tidak khas.

Pemeriksaan yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah kita terjangkit penyakit hepatitis akut, diantaranya adalah :

  • Enzim GOT, GPT
  • Penanda hepatitis A (Anti HAV IgM)
  • Penanda hepatitis B (HBsAg, Anti HBc IgM)
  • Penanda hepatitis C (Anti HCV, HCV RNA)
  • Penanda hepatitis E (Anti HEV IgM)

Adapun pemeriksaan untuk mengetahui  adanya hepatitis kronis diantara adalah:

  • Enzim GOT, GPT
  • Penanda hepatitis B (HBsAg, HBe, Anti HBc, Anti HBe, HBV DNA)
  • Penanda hepatitis C (Anti HCV, HCV RNA)

 2.      Sirosis Hati

Macam-macam penyakit hati selanjutnya adalah sirosis hati. Sirosis hati adalah keadaan penyakit yang sudah lanjut dimana fungsi hati sudah sangat terganggu akibat banyaknya jaringan ikat di dalam hati. Sirosis hati dapat terjadi karena virus Hepatitis B dan C yang berkelanjutan, karena alkohol, salah gizi, atau karena penyakit lain yang menyebabkan sumbatan saluran empedu. Sirosis tidak dapat disembuhkan, pengobatan dilakukan untuk mengobati komplikasi yang terjadi (seperti muntah dan berak darah, asites/perut membesar, mata kuning serta koma hepatikum).

Pemeriksaan untuk mendeteksi sirosis hati : Enzim GOT, GPT (rasio GOT/GPT > 1), Waktu Protrombin, Protein Elektroforesis

3.      Kanker Hati

Macam-macam penyakit hati lainnya adalah kanker hati. Kanker hati terjadi apabila sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C dan hemochromatosis.

Pemeriksaan untuk mendeteksi kanker hati : AFP, PIVKA II

4.      Perlemakan Hati

Perlemakan hati terjadi bila penimbunan lemak melebihi 5% dari berat hati atau mengenai lebih dari separuh jaringan sel hati. Perlemakan hati ini sering berpotensi menjadi penyebab kerusakan hati dan sirosis hati. Kelainan ini dapat timbul karena mengkonsumsi alkohol berlebih disebut ASH (Alcoholic Steatohepatitis), maupun bukan karena alkohol disebut NASH (Nonalcoholic Steatohepatitis).

Pemeriksaan pada perlemakan hati : Enzim GOT, GPT, Fosfatase Alkali

5.      Kolestasis dan Jaundice

Kolestasis merupakan keadaan akibat kegagalan memproduksi dan /atau pengeluaran empedu. Lamanya menderita kolestasis dapat menyebabkan gagalnya penyerapan lemak dan vitamin A, D, E, K oleh usus, juga adanya penumpukan asam empedu, bilirubin dan kolesterol di hati.

Adanya kelebihan bilirubin dalam sirkulasi darah dan penumpukan pigmen empedu pada kulit, membran mukosa dan bola mata disebut jaundice. Pada keadaan ini kulit penderita terlihat kuning, warna urin menjadi lebih gelap, sedangkan faeces lebih terang.Gambar Macam-macam Penyakit Hati

Pemeriksaan untuk kolestasis dan jaundice : Fosfatase Alkali, Gamma GT, Bilirubin Total, Bilirubin Direk

6.      Hemochromatosis

Hemochromatosis merupakan kelainan metabolisme besi yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan di dalam jaringan. Penyakit ini bersifat genetik/keturunan.

Pemeriksaan laboratorium untuk hemochromatosis : Transferin, Ferritin

Demikian penjelasan tentang macam-macam penyakit hati yang perlu diketahui. Diharapkan dengan mengetahuinya kita bisa terhindari dari bahaya penyakit hati ini.

- - 5
Topik: Penyakit Liver Tags: , , , , , , ,

≡ Komentar "Macam-macam Penyakit Hati"

Comments links could be nofollow free.