Pengobatan Hepatitis


Sumber Informasi Online Pengobatan Hepatitis

Komplikasi Sirosis Hati

Komplikasi Sirosis HatiKomplikasi sirosis hati dapat terjadi pada penderita penyakit sirosis. Komplikasi ini terjadi diakibatknya penyakit sirosis yang tidak segera diobati. Sirosis adalah kondisi medis kronis yang disebabkan oleh peradangan hati, dan ditandai oleh kerusakan dan gangguan fungsi hati. Pada sirosis, jaringan sehat hati digantikan oleh jaringan parut dan menghalangi aliran darah ke hati.

Sirosis umumnya disebabkan oleh faktor-faktor seperti konsumsi alkohol yang berlebihan dan kondisi medis tertentu seperti hepatitis B dan C. Namun, dalam beberapa kasus, sirosis bisa terjadi karena gabungan berbagai sebab yang tidak selalu spesifik.

Berikut adalah tanda dan gejala komplikasi sirosis hati:

1.      Penyakit kuning

Penyakit kuning adalah salah satu gejala yang sering dikaitkan dengan komplikasi sirosis hati. Hati membantu memproduksi dan mempertahankan tingkat bilirubin dalam tubuh. Pada pasien yang menderita sirosis, hati kehilangan kemampuan untuk menjalankan fungsinya.

Akibatnya, sejumlah besar bilirubin menumpuk dalam aliran darah sehingga menyebabkan kulit menjadi kuning.

2.      Mudah Memar

Gejala umum lain yang berhubungan dengan sirosis adalah mudah memar. Salah satu fungsi utama hati adalah membantu mekanisme pembekuan darah ketika terjadi luka atau cedera.

Dalam kasus komplikasi sirosis hati, hati kehilangan kemampuan untuk memproduksi faktor pembekuan darah. Penurunan kemampuan pembekuan darah dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap berbagai risiko kesehatan serta komplikasi akibat luka yang susah sembuh.

3.      Nyeri Perut

Nyeri perut merupakan gejala umum seorang individu mungkin menderita sirosis hati. Kondisi ini terutama terjadi karena akumulasi cairan di perut menyebabkan berkurangnya aliran darah ke berbagai organ sehingga menyebabkan nyeri parah.

4.      Gejala Lain

Gejala umum lain sirosis meliputi mual, mudah lelah bahkan saat tidak melakukan apapun, gatal, dan kehilangan berat badan.Gambar Komplikasi Sirosis Hati

Komplikasi sirosis hati yang lain bisa berupa pembengkakan pada kaki dan tangan, pembesaran limpa, batu empedu, dan resistensi insulin sering dikaitkan dengan stadium lanjut dari sirosis.

Jika tidak diobati, komplikasi sirosis hati dapat memicu kanker hati dan ensefalopati hepatik, suatu kondisi di mana limbah beracun terakumulasi dalam otak karena tidak dapat disaring oleh hati yang telah rusak. Kondisi tersebut dapat menyebabkan koma dan bahkan kematian.

Sumber : oketips.com

- - 5
Topik: Penyakit Liver Tags: , , , , ,

≡ Komentar "Komplikasi Sirosis Hati"

Comments links could be nofollow free.